PEMANFAATAN SENSOR KELEMBABAN TANAH UNTUK STUDI PEMBUATAN ALAT PENYIRAM TANAMAN OTOMATIS CABE RAWIT DI DESA PRIYOSO KECAMATAN KARANGBINANGUN KABUPATEN LAMONGAN

Pemanfaatan Sensor Kelembaban Tanah Untuk Studi Pembuatan Alat Penyiram Tanaman Otomatis Cabe Rawit Di Desa Priyoso Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan

  • Ulul Ilmi Teknik Elektro Universitas Islam Lamongan
  • Nahdia Rupawanti Teknik Elektro Universitas Islam Lamongan

Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat, masyarakat mengharapkan adanya alat yang dapat membantu pekerjaan manusia, untuk itu teknologi menjadi suatu kebutuhan bagi manusia. Salah satu hal yang perlu diwujudkan adalah membuat alat yang bisa melakukan pekerjaan menyiram tanaman cabai secara otomatis. Alat ini bertujuan untuk menggantikan pekerjaan manual menjadi otomatis. Manfaat yang didapat dari alat ini adalah untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam menyiram tanaman cabai. Alat ini menggunakan sensor tanah kelembaban tanah yang berfungsi sebagai pendeteksi dan mengirimkan perintah ke mikrokontroler ATmega328 untuk menyalakan relay driver agar pompa dapat menyiram air sesuai kebutuhan secara otomatis. Pembuatan alat ini dilakukan dengan merancang, membuat dan mengimplementasikan komponen sistem yang meliputi Mikrokontroler ATmega328 sebagai pengontrol, relay driver untuk menghidupkan dan mematikan pompa air, LCD (Cristal Display liquid) untuk menampilkan skor Kelembaban tanah. Hasil penelitian membuktikan alat yang dibuat dapat bekerja dengan baik dan dapat dikembangkan sesuai dengan yang diharapkan. Alat dapat berfungsi  bila kelembaban tanah di atas 1003 PH, namun tidak berfungsi jika kelembaban tanah kurang dari 345 PH

Kata Kunci: Mikrokontroler ATmega328 dan driver relay, pompa air, LCD, sensor kelembaban tanah

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Andrianto, H. 2008, Pemrograman Mikrokontroler AVR.

Atmega8535, Informatika, Bandung. Atmega, Data Sheet Mikrokontroler ATMega 16. (Online). http://www.atmel.com/dyn/resources/prod_documents/doc2508.pdf. diakses 25 Mei 2014.

Budiharto, W. 2010, Robotika Teori dan Implementasi, ANDI Yogyakarta, Yogyakarta.

Hadi, M. S 2008, Mengenal Mikrokontroler AVR Atmega16, Ilmu Komputer, Malang. Hanwei, Data Sheet Gas Sensor MQ 7. (Online). http://www.sparkfun.com/datasheets/Sensors/Biometric/MQ-7.pdf. diakses 17 Mei 2014. 5. Heryanto, M dan Wisnu Adi. 2008. Pemograman Bahasa Basic Complier Mikrokontroler. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Jogiyanto Akt, 2006, Konsep Dasar Pemrograman Bahasa C, ANDI Yogyakarta, Yogyakarta.

Saputra, Hendri. 2012. Rancang Bangun Alat Pendeteksi Ambang Gas Karbon Monoksida (CO) Didalam Ruangan Dengan Sensor TGS 2442. (Online). Jurnal Ilmiah Teknik Elektro Universitas Gunadarma Jakarta.

Wardahana, Lingga. 2006. Belajar Sendiri Mikrokontroler AVR Seri ATMega16 Simulasi, Hardware, dan Aplikasi. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Putro, A. E. 2002. Belajar Mikrokontroller T89C51/52/55 (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta : Gava Media.

Tim Lab. Mikroprosesor BLPT, 2007, Pemrograman Mikrokontroler AT89S51 Dengan Bahasa C/C++ Dan Assembler, ANDI Yogyakarta.

Diterbitkan
2020-10-07
Abstrak viewed = 625 times
pdf (English) downloaded = 711 times