ANALISIS TARIKAN PERJALANAN KAWASAN PENDIDIKAN (STUDI KASUS JALAN PEMUDA SUNGAILIAT)

  • Zisa Sri Dwipa
  • Endang Setyawati Hisyam

Abstrak

Jalan Pemuda Sungailiat merupakan kawasan pendidikan, pada jalan ini terdapat beberapa jenjang sekolah, yakni Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Luar Biasa (SLB), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jalan ini cukup ramai pada hari kerja, yakni pukul 06.30-07.00 WIB dan pukul 13.00-14.30 WIB. Hal ini diakibatkan oleh kendaran yang keluar-masuk dari sekolah-sekolah di kawasan ini. Banyaknya  sekolah mempengaruhi jumlah pergerakan siswa dan guru di kawasan pendidikan ini. Hal ini berpotensi menimbulkan kemacetan arus lalu lintas apabila tidak ada perencanaan dan antisipasi terhadap bertambahnya jumlah perjalanan ke kawasan ini. Penelitian ini menghasilkan model yang dapat memperkirakan pergerakan pada kawasan ini di masa mendatang. Model tarikan perjalan total (smp/jam) memiliki persamaan Y=24,941+0,313X1, nilai X1 adalah jumlah siswa, dengan nilai R2 sebesar 0,970. Model tarikan perjalanan menggunakan sepeda Y=─0,511+0,232X7,  X7 adalah kepemilikan sepeda, dengan nilai R2 sebesar 0,716. Model tarikan perjalanan menggunakan sepeda motor Y=─0,856+0,891X8, X8 adalah kepemilikan sepeda motor, dengan nilai R2 sebesar 0,977. Model tarikan perjalanan menggunakan mobil Y=1,340+0,449X9, nilai X9 adalah jumlah kepemilikan mobil, dengan nilai R2 sebesar 0,934. Model tarikan perjalanan menggunakan angkutan umum Y=─0,369+3,015X10, nilai X10 adalah jumlah tidak memiliki kendaraan, dengan nilai R2 sebesar 0,905.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Anwar, M. R., 2014. Studi Pembuatan Model Tarikan Pergerakan Orang pada Pusat Kegiatan Pendidikan dengan Metode Analisis Regresi. sipil.studentjuournal.ub.ac.id.

Black, J., 1991. Urban Transport Planning; Theory and Practice. London: Cromm.

Hadi, S., 1990. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hadi, S., 2015. Statistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Handri, 2014. Analisis Permodelan Pada Kawasan Pendidikan. ejurnal.untag-smd.ac.id.

Levinson, H., 1976. Transportation and Traffic Engineering Handbook. New Jersey: s.n.

Miro, F., 2005. Perencanaan Transportasi Untuk Mahasiswa, Perencana dan Praktisi. Jakarta: Erlangga.

Morlok, K. E., 1991. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.

Nazir, M., 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ortuzar, J., 1990. Modelling Transport. England: John Willey and Sons Ltd.

Pasaribu, A., 1975. Pengantar Statistik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Septomiko, Y., 2014. Pemodelan Bangkitan Tarikan pada Tata Guna Lahan Sekolah Menengah Atas Swasta di Palembang. ejournal.unsri.ac.id.

Suliyanto, 2011. Ekonometrika Terapan : Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Tamin, O. Z., 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB.

Yuliani, 2004. Analisis Model Tarikan Perjalanan pada Kawasan Pendidikan di Cengklik Surabaya. digilib.uns.ac.id
Diterbitkan
2017-12-20
Abstrak viewed = 925 times
pdf (English) downloaded = 793 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2 3